Newest Post

// Posted by :Unknown // On :Minggu, 02 April 2017


Roleplayer itu apa?

Ya jadi, roleplayer adalah sebuah permainan di dunia maya. Dimana tugas kita adalah memerankan seorang artis, baik itu idola kita maupun bukan. Bisa dilakukan di facebook, twitter, ask.fm, BBM, ataupun media lainnya, tapi nggak dengan real life kita hahaha ( kehidupan nyata )
Roleplayer itu ada banyak jenisnya. Ya mulai dari yang Less-OOC, Semi Less-OOC, OOC, AU, Freelancer, dan lain-lain. Bagi pemula, sangat disarankan untuk bergabung dengan agency roleplayer agar lebih mudah mencari temannya. Oh ya, di RP tuh kita nggak diperbolehkan ngeshare tentang real life kita, seperti; muka asli kita, identitas asli kita, nomer hp, Pin BB, dan lainnya yang berbau dengan kehidupan nyata kita. Karena kita disitu berperan sebagai seorang artis, ingat? : ) Dalam berinteraksi dengan RPer lainnya, kalian tidak boleh memanggil mereka dengan nama aslinya. Panggil mereka dengan nama artis yang mereka perankan.
Roleplayer itu bisa dilakukan dengan berbagai bahasa, karena yang main RP nggak cuma dari 1 negara aja, dan banyak juga yang bisa berbahasa asing. Nah, kalau yang ini sih disebut RP Inter ( International Roleplayer ) karena mereka berbicara dalam bahasa lain ( bukan bahasa dari negara mereka sendiri ) terutama Bahasa Inggris.
Ada juga RP yadong. Yadong itu apasih? Ya yadong itu kalau dibahasa Inggris-in itu semacam smut lah. Itu berbau yang dewasa gitu deh, rated 18+ hahaha. Kalau ini nggak perlu dijelasin lebih lanjut kali ya, soalnya…. Lanjut!
  • Semi Less OOC: Semi Less-OOC adalah tipe pemeran artis ( roleplayer ) yang meminimalisir OOC mereka, namun masih melakukan OOC -tapi sangat sedikit-. OOC itu apasih? OOC adalah Out Of Character, yang artinya keluar dari karakter si artis/melenceng dari karakter artis yang diperankan tersebut. Nah, tipe pemain RP seperti ini biasanya masih melakukan OOC walaupun sedikit, namun tetap mengikuti kegiatan si artis. Loh? Maksudnya mengikuti kegiatan si artis itu apa? Jadi paparazzi? Nggak : ) Maksudnya kita update soal schedule si artis dan sebagainya, bisa juga misalnya si artis ini ngepost di akun pribadinya, kita bisa re-post di akun roleplayer kita. Gimana ya caranya? Mudah kok! Namun kita sangat disarankan untuk tidak mengupdate schedule si artis layaknya fanbase. Ini contohnya:
-Kalian memerankan Jonghyun dari SHINee *contoh*-
Yang fanbase tweet ( hanya contoh saja ) : 141005 SHINee at SMTOWN Live World Tour IV Tokyo Day 2 via: ( yang mengepost foto si artis )
*) 141005 adalah cara penanggalan di Korea. 14: Tahun 2014 10: Bulan Oktober 05: Tanggal 5. Berarti 5 Oktober 2014. SHINee adalah boyband dari Korea Selatan yang berada dibawah naungan SM Entertainment.
Yang kalian tweet : We’re at SMTOWN Live World Tour IV Concert in Tokyo! / Me and my members at SMTOWN Live World Tour IV Concert in Tokyo! ( kemudian masukan foto yang telah kalian simpan dari update-an fanbase tadi )
**) Kalian juga bisa melakukannya dalam Bahasa Indonesia.
Cont: Kami saat sedang perform di Tokyo, dalam SMTOWN Live World Tour IV Concert.
UNTUK CATATAN, SEBAGAI ROLEPLAYER, KALIAN JUGA BISA MELAKUKAN FANTALK.
Fantalk itu apasih? Fantalk adalah percakapan yang terjadi antara seorang fans dengan idolanya. Kalian boleh fantalk sebagai artis kalian, namun kalian juga harus memberikan mereka pengertian kalau kalian bukanlah artis yang asli, kalian hanyalah seorang roleplayer/pemeran artis tersebut. Kalian tidak perlu repot-repot mencari akun personal fans dari artis kamu, mereka biasanya datang sendiri. Kalau belum bertemu, kalian cukup berinteraksi saja dengan following/followers kalian yang notabene adalah ‘artis‘.
OOC itu yang kaya gimana sih? OOC itu tuh pokonya jelas melenceng banget dari karakter artis yang kalian perankan, OOC itu sama saja kalian mengumbar real kalian di timeline/didepan orang banyak. Misalnya kamu memerankan Taeyeon dari Girls’ Generation. Seperti yang kita tahu, Taeyeon telah lulus dari sekolah, kan? Ia juga telah lulus dari kampusnya. Ia sekarang berkarir menjadi seorang penyanyi dari group terkenal.
Tapi kalian dengan enaknya ngetweet/buat status seperti ini : Gimana sih itu guru. Ngasih pr banyak banget. Pak, Bu. Kami ini bukan robot!
Sudah terlihat jelas kan OOC nya dimana? Parahnya mereka tidak menggunakan brackets sama sekali, huff menyebalkan. Kadang roleplayer yang seperti ini sering kali mengganggu roleplayer yang lainnya.
  • Less OOC: Kalian berbicara, bertingkah laku layaknya artis sungguhan. Yang kalian lakukan hanya berinteraksi secara normal menurut pandangan si artis dan mengikuti schedule si artis. Kalian tidak membuat status/tweet yang OOC.
  • OOC: OOC adalah Out Of Character. Biasanya roleplayer yang seperti ini lebih terkesan seperti akun-fan atau fan account daripada roleplayer. Jenis OOC yang mereka lakukan begitu beragam. Misalnya ada yang memerankan Minzy 2NE1 di Twitter, namun ia malah me-retweet update tentang group yang lainnya. Para OOC Roleplayer juga biasanya sering sekali mengupdate soal kehidupan nyata mereka dibandingkan dengan kehidupan si artis.
  • AU: Roleplayer AU adalah kita hanya meng-face claimed artis yang ingin kita perankan saja. Sebagai contohnya, saya ingin menjadi Taemin SHINee. Ya saya bermain hanya menggunakan muka dia saja, namun namanya saya ganti. Saya ganti namanya menjadi Abraham Lee -contoh saja- Tempat dan Tanggal Lahirnya pun boleh diganti, NAMUN TIDAK DENGAN TAHUN KELAHIRANNYA. Roleplayer AU pun dapat dikategorikan sebagai Semi Less-OOC, bagaimana cara bermainnya? Kita cukup dengan berplotting, berinteraksi layaknya di fanfiction.
  • Freelancer: Sebetulnya saya kurang tahu apa itu freelancer, namun akan saya jelaskan sedikit. Menurut saya, freelancer adalah roleplayer inter yang tidak memiliki agency ( bukan artisnya, namun mereka. Mereka tidak memiliki agency untuk bermain RP ) dan mereka cenderung berperan sendiri, namun tetap berinteraksi dengan orang lain.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

// Copyright © apahayo //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //